Festival Sasampe, Bupati Balut; Bangga Anak Muda Lestarikan Budaya | Utustoria Festival Sasampe, Bupati Balut; Bangga Anak Muda Lestarikan Budaya – Utustoria

Festival Sasampe, Bupati Balut; Bangga Anak Muda Lestarikan Budaya

332
Spread the love

Photo: Pemkab Banggai Laut Dalam Festival Sasampe

Utustoria.com, Banggai Laut. Bupati Banggai Laut, Drs. H. Wenny Bukamo menghadiri Acara Festival Sasampe di Banggai Lalongo, Dodung, Banggai, Senin (3/08/2020). Festival adat tahunan ini dilaksanakan setiap bulan Agustus sebagai bentuk syukur masyarakat terhadap hasil panen tanaman yang yang melimpah khususnya ubi Banggai dan juga dengan hasil ternak.

Sasampe merupakan salah satu tradisi budaya lokal peninggalan leluhur masyarakat Banggai yang sudah ada sejak jaman dahulu yang sekarang masih terus dilestarikan keberadaannya oleh pemangku adat Kamali Kau Mbombol Banggai Lalongo. Dalam pelaksanaannya hasil panen tersebut didoakan secara bersama oleh pemangku adat dengan harapan agar hasil panen tahun berikutnya lebih baik lagi.

“Mari kita bahu-membahu untuk terus kita lestarikan. Saya bangga masih ada komunitas anak muda yang tetap konsisten untuk menjaga adat ini, adat ini tidak akan lestari apabila tidak dilestarikan kepada generasi-generasi muda,” ucap Bupati. (Prokopim Balut)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *