UPDATE COVID-19 INDONESIA


POSITIF

59,394

ORANG

SEMBUH

26,667

ORANG

MENINGGAL

2,987

ORANG

Sumber data : http://covid19.go.id Update terakhir :

Sungai Tercemar, PT. Kurnia Luwuk Sejati Patut Dicurigai

385
Spread the love

Photo: Pintu Gerbang Pabrik Kelapa Sawit PT. Kurnia Luwuk Sejati

Utustoria.com, Banggai. “Apakah kualitas air di aliran sungai dari Pabrik PT Kurnia Luwuk Sejati (KLS) tidak tercemar limbah pabrik?”
Aliran sungai besar yang berdekatan dengan pabrik PT. Kurnia Luwuk Sejati (KLS) patut diragukan kualitasnya. Tidak terbukanya informasi publik terkait penelitian perusahaan tentang kualitas air sungaipun patut dicurigai. Pasalnya sungai besar ini mengalir dan melewati penduduk sekitar yang kesehariannya menggunakan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari.

Biological Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD) adalah unsur dari limbah sawit yang jika limbah tersebut dibuang langsung ke perairan, maka dapat mencemari lingkungan karena dapat menimbulkan kekeruhan dan akan menghasilkan bau yang tajam sehingga dapat merusak ekosistem perairan, dikarenakan proses penguraiannya yang lama dan cenderung akan mengkonsumsi oksigen terlarut dalam jumlah yang banyak.

Bukan hanya ekosistem peraiaran, dampak bagi manusia yang akan ditimbulkan akan lebih fatal apabila air sungai besar ini dikonsumsi dengan waktu yang panjang.

Dibulan ramadhan kemarin beberapa warga menginformasikan bahwa air dibantaran sungai berubah warna menjadi hitam pekat. hal ini bukan karna terjadinya hujan dengan intensitas tinggi diwilayah hulu. Disinyalir air hitam pekat ini dari kebocoran kolam penampungan limbah yang mengarah kebibir sungai dan mempengaruhi sungai secara keseluruhan.

Warga swakarsa, dibantaran sungai besar juga sempat menyaksikan fenomena air sungai besar itu berubah warna. Rahmat, salah seoarang warga yang dimintai keterangan membenarkan kejadian itu.
“Airnya jadi buthek(keruh) hitam dan berbau, mirip ada minyak-minyaknya begitu” jelas Rahmat.
“ikan-ikan disungai juga keliatan mabuk muncul gitu, gak berani ambil karena airnya beda” tambahnya.

Photo: Aliran Pembuangan Dari Lokasi Pabrik Yang Mengalir Ke Sungai Besar

Perlu adanya tindakan penelitian mengenai kualitas air agar bisa diketahui oleh publik, terutama masyarakat yang berada disekitaran sungai besar tersebut. Penelitian kualitas meliputi parameter fisika, parameter kimia dan parameter mikrobiologi. Dengan adanya penelitian kualitas air ini akan menghasilkan kesimpulan keberadaan perusahan dan perhatiannya terhadap masayrakat sekitar.

Jika hal ini terbukti, dan kualitas air sungai tercemar, maka perusahaan yang sudah beroprasi puluhan tahun itu patut dipertanyakan kelayakan operasinya. Karena dampak limbah sangat berbahaya bagi manusia dan lingkungan hidup. Pencemaran dihulu sungai akan menimbulkan biaya sosial dihilir (extematily effect) dan pelestarian di hulu memberikan manfaat di hilir. (To)




2 thoughts on “Sungai Tercemar, PT. Kurnia Luwuk Sejati Patut Dicurigai

  1. Yono

    Janga hanya karena tidak diterima menjadi media kampanye Ibu Anti jdi berita yang tidak berkompeten diangkat. Malah jadi lucu2an.. Hahahaha

    Reply
    1. Moh zainul

      Hubungan PT KLS dengan Ibu Anti Sebagai Kandidat Pilkada Apa Yaa??
      Ini berita objektif soal pencemaran lingkungan, knp dgn Ibu Anti?
      Dikte News Yaa??

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *